Sabtu, 28 Desember 2013

Promosi Afiliasi



Setelah melakukan Registrasi terhadap Merchant Pilihan dan mendapatkan Hak Menjual dalam bentuk Banner, Web Replika, URL Refferal atau Link URL, maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan akun tersebut sampai terjadi proses penjualan (deal). 

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah :


Strategi Promosi

Strategi adalah kumpulan konsep dan cara kita berpromosi. Hal ini menyangkut alat dan media yang akan kita pakai, budget yang tersedia, target konsumen yang disasar, kapan mulai dan berapa lama, serta jangkauan dari promosi kita. Akan lebih baik kalau strategi ini dibuat secara tertulis, terukur, dan realistis untuk dicapai.


Alat Promosi

Alat promosi yang kita pakai tergantung dari yang disediakan oleh Merchant, biasanya adalah dalam bentuk Web Replika, URL Link, dan Banner Digital. 

  1. URL Link adalah Web Adress (http://www.contoh.com/kodeanda) yang sudah diisi kode dari data anda, sehingga ketika pengunjung meng klik alamat ini maka otomatis ketika terjadi transaksi, maka semua akan tercatat sebagai progres afiliasi anda.
  2. Web Replika adalah wujud dari URL Link ketika ada yang meng klik alamat tersebut. Web Replika umumnya berbentuk Landing Page, yang sama persis dengan landing Page aslinya (Merchant). Semua sudah diformat otomatis, sehingga ketika terjadi transakasi melalui Web Replika tadi maka semua akan tercatat sebagai progres akun anda.
  3. Banner adalah tampilan digital yang berisi teks atau gambar baik yang statis maupun yang animated. Banner selalu menggunakan jargon promosi yang cenderung hyperbol supaya menarik minat pengunjung untuk mengklik banner tersebut dan terjadi transaksi. Banner digital punya banyak variasi bentuk dan ukuran, namun yang umum dipakai adalah bentuk persegi (kotak, memanjang, meninggi) dengan ukuran 125 x 125, 250 x 250, 468 x 60, 120 x 600 dll

Media Promosi
Media promosi yang bisa di eksplorasi sangat banyak, namun secara umum bisa diuraikan sebagai berikut :

  1. Situs atau Blog milik sendiri (berbayar ataupun yang gratis)
  2. Media Social (Facebook, Twitter, BBM, Google +, WhatsApp, Line, Instagram, dll)
  3. Forum diskusi online (diskusi sambil promosi Link URL atau produk yang mau dijual di Kaskus, Dream Warrior, dll)
  4. Blog walking (mengunjungi sebuah web dan berkomentar sambil menaruh URL Link disitu)
  5. Iklan di web penyedia jasa iklan (berbayar ataupun yang gratis)
  6. Email (email massal yang bukan SPAM)
  7. SMS Blast (SMS massal berbayar)
  8. Iklan di Surat Kabar (berbayar)
  9. Dari mulut kemulut
  10. Dll

Target Promosi
Dalam hal ini kita harus merumuskan tentang siapa yang akan jadi target promosi kita, berdasarkan jenis kelamin, usia, geografis, tingkat ekonomi, dll. Hal ini penting agar produk yang kita promosikan tepat pada sasaran dan berpeluang besar untuk terjadi transaksi. Penting juga untuk dirumuskan berapa banyak target orang yang diharapkan mengunjungi alat promosi kita dan berapa yang diharapkan untuk bisa deal.


Budget Promosi

Peran budget sangat penting dalam berpromosi. Kalau anda ingin tanpa budget atau gratis samasekali, maka anda hanya bisa menggunakan media yang terbatas, dengan hasil yang terbatas juga. Kalau anda mampu dan berani untuk berinvestasi, maka kesempatan untuk berhasil juga akan lebih besar. Dan itu akan sangat bergantung dengan seberapa besar investasi yang ditanamkan.


Durasi Promosi

Durasi promosi menyangkut soal kapan promosi akan dilakukan dan sampai kapan berakhirnya. Itu semua tergantung dari strategi yang anda siapkan. Semakin cepat dan semakin lama promosi dilakukan, hasilnya tentu akan lebih baik


Demikian sekilas tentang Promosi Afiliasi, selanjutnya akan saya jelaskan tentang Strategi Promosi yang efektif pada arttikel yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Widgets