Sabtu, 28 Desember 2013

Promosi Afiliasi Via Social media

Saat ini, keberadaan Sosial Media sudah semakin dianggap sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi komunikaasi dalam bentuk Smart Phone. Semua strata sosial dan ekonomi, semua usia, dan semua pelosok sudah semakin akrab dengan media komunikasi dan informasi ini. 
Sebagai media untuk kepentingan bisnis, perkembanganya semakin hari semakin meningkat, dan cenderung terus meningkat. Oleh karena itu penggunaan Sosial Media sebagai wahana promosi afiliasi sangatlah tepat. Apalagi kalau anda tidak memiliki web sendiri untuk promosi, maka media bisa jadi pilihan untuk promosi secara optimal.
Berikut beberapa Social media yang populer di Indonesia dan Dunia :

1.   Facebook


Anda belum mengenal Facebook ?... Haaaaaa hari gini, masih ada yang nggak kenal facebook ? hehehe.... 
Yaaa... Benda ajaib bikinan Mark Zuckerberg ini memang sangat populer. Ratingnya saat ini ada di peringkat kedua setelah Google dalam hal tingkat kunjungan situs. Dengan lebih dari 500 juta pengguna secara global dan 65 juta di Indonesia (2013), maka Facebook sangat layak dijadikan media untuk promosi bisnis kita.
Kalau belum punya akun, silakan daftar disini >> https://www.facebook.com/
Cara promosi

  • Sisipkan Link URL pada status yang anda posting, dengan kalimat yang menarik bernada promosi. namun jangan terlalu vulgar.
  • Bergabunglah dengan banyak grup, dan lakukan posting URL Link secara berkala

2.   Twitter


Saat ini penggunaan Twitter sebagai salah satu Socmed populer terus mengalami peningkatan signifikan. Di dunia telah mencapai 200 juta pengguna dan di Indonesia mencapai 30 juta pengguna (2013). Dengan tampilan tweet yang ramping (140 karakter) memungkinkan kita untuk membuat promosi yang simple dan mudah.
Bagi yang belum punya akun, daftar disini >>   https://twitter.com/
Cara Promosi :
  • Buatlah tweet dengan kalimat promosi yang menarik, sisipkan Link URL atau gambar yang relevan
  • Lakukan ini secara berkala, dengan menambah berbagai hashtag atau mentioned target

3.   Google +


Socmed buatan Google Inc ini memang belum menuai sukses seperti yang diharapkan. Meski pengguna terdaftar jumlahnya besar, tapi tingkat keaktifannya rendah, termasuk pengguna di Indonesia. Namun keberadaanya tetap patut diperhitungkan sebagai salah satu media promosi yang efektif.

Mau daftar ?, klik disini >> https://plus.google.com/
Cara Promosi : Sama seperti Facebook


4.   Youtube




Piranti berbagi video milik Google Inc ini sekarang semakin populer, apalagi dengan berkembangnya Smartphone berbasis Android dan Windows yang memungkinkan pemiliknya menonton video secara mudah. Promosi afiliasi di sini nampaknya tidak terlalu mudah, sementara efektivitasnya juga tidak terlalu bagus, Namun sebagai media social yang besar, Youtube tetap perlu dipertimbangkan.

Mau daftar ?, klik disini >> http://www.youtube.com/
Cara promosi :

  • Unggah video promosi afiliasi kita (kalau ada)
  • Akan lebih bagus kalau anda mampu membuat video sendiri, namun ini mungkin akan memakan biaya yang tidak sedikit.

5.   BBM

Meski Blackberry dinyatakan pailit, namun pengguna BBM masih tetap setia (terutama di Indonesia). Bahkan dengan dilaunchingnya BBM versi Android, membuat pengguna BBM semakin bertambah. Media ini sangat simple dan efektif, apalagi kalau penggunanya bisa mengakses internet, sehingga bisa langsung membuka halaman URL yang kita promosikan.
Cara promosi

  • Buat status yang berisi Link URL atau gambar dengan kalimat promosi yang menarik, kemudian jadikan broadcast
  • Lakukan secara berkala

6.   WhatsApp




Mirip dengan BBM yang melayani Mobile Messaging, WhatsApp semakin banyak digunakan untuk berkomunikasi. Bahkan saat ini mereka mengklaim telah memiliki lebih dari 350 juta member di seluruh dunia. Untuk promosi afiliasi, media ini sangat bagus, mudah dan murah.

Cara promosi : Sama seperti BBM


7.   Line



Sejenis dengan WhatsApp, Line juga semakin banyak penggunanya, sehingga layak dijadikan salah satu media untuk promosi afiliasi kita.

Cara promosi : Sama seperti BBM


8.   Kakao Talk



Sejenis dengan WhatsApp, penggunanya terus meningkat, terutama dari kalangan muda.

Cara promosi : Sama seperti WhatsApp


9.   We Chat



Sejenis dengan WhatsApp, penggunanya terus meningkat

Cara promosi : Sama dengan WhatsApp


10.   Instagram



Media berbagi foto ini semakin populer, termasuk di Indonesia.

Cara promosi : 

  • Postinglah gambar produk afiliasi anda, dengan kalimat promosi yang bagus
  • lakukan secara berkala

Tips Promosi via Social Media :

  • Pada dasarnya hampir semua orang tidak suka melihat iklan. Jadi iklan harus dipoles semenarik mungkin dan tidak boleh terlalu sering dimunculkan
  • Gunakan kalimat yang berkaitan dengan kepentingan atau solusi bagi masalah orang, bukan kalimat yang mengutamakan menjual produk
  • Gunakan pendekatan humanis, bukan pendekatan ekonomis
  • Berikan respon yang cepat, manis dan efektif apabila ada yang menanggapi iklan kita
Demikian cara promosi melalui Social Media secara singkat. Nanti akan kita sambung dengan ulasan yang lebih mendalam. Terima kasih sudah berkenan membaca.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Widgets