Sabtu, 28 Desember 2013

Promosi Afiliasi Via Website Sendiri













Promosi lewat website atau blog sendiri, berarti anda memang harus memiliki web atau blog sendiri. Bagi yang belum memiliki, disarankan untuk segera membuat, karena media ini sangat ampuh dan mudah mengoperasikan trik promosinya. Untuk memiliki web sendiri, ada 2 pilihan caranya, yaitu :

  1. Membuat web atau blog secara gratis, dengan menggunakan web hosting / builder dengan platform gratis, seperti Blogger (Blogspot), Wordpress, Weebly, Webs, dll. Membuat web dengan platform ini tidak terlalu sulit, menunya beragam, waktu relatif cepat, dan tentu saja gratis, hehehe... Dan kalau anda tidak bisa membuat sendiri, silakan cari teman, keluarga, atau siapa saja yang bersedia membantu anda untuk membuatkannya.
  2. Membuat web secara berbayar, dengan menggunakan jasa penyedia hosting, domain, dan builder sekaligus. Di internet banyak sekali jasa pembuatan web yang tersedia. Anda tinggal pilih sesuai dengan budget dan selera. Setahu saya untuk paket standar, dikenai biaya Rp 500.000 s/d Rp 1.500.000. per tahun. Makin mahal tentu makin bagus kualitas hostingnya.
Pada saat membuat web, hal penting yang harus disiapkan adalah nama web dan konten yang akan dimuat. Nampaknya ini tidak mudah dan memakan waktu serta energi yang cukup besar. Kalau web anda ingin dikunjungi oleh banyak visitor secara berulang, maka web itu harus bagus dari sisi konten. 
Secara umum nama dan konten web terbagi dalam beberapa kelompok yaitu :
  1. Web untuk pribadi, memuat hal-hal yang menarik bagi si empunya web, kontennya cenderung informal dan individual
  2. Web untuk bisnis, memuat hal-hal yang berkaitan dengan bisnis baik secara perorangan maupun perusahaan
  3. Web organisasi dan kelompok, memuat hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan dan eksistensi sebuah organisasi atau kelompok
  4. Web untuk berbagi informasi, memuat hal-hal umum dan khusus yang dianggap perlu untuk diketahui oleh banyak orang
  5. Dll
Anda bisa memilih jenis web yang akan dibuat berdasarkan kesukaan dan kemampuan anda. Tapi menurut saya, web yang cocok untuk media promosi adalah web untuk bisnis atau web untuk berbagi informasi. Kedua jenis web ini punya potensi mendatangkan banyak visitor, karena bersifat umum dan terbuka. 
Setelah jenis web dan nama web anda pastikan, selanjutnya adalah mengisi konten dengan membuat berbagai artikel yang relevan. Ini adalah bagian yang paling sulit, karena diperlukan referensi yang cukup tentang hal yang ingin ditulis dan wajib mempunyai skill yang memadai untuk bisa menghasilkan tulisan yang informatif dan enak dibaca. Saya mengatakan ini sulit, karena saya harus bolak balik browsing untuk mendapatkan informasi yang cukup tentang suatu objek yang ingin ditulis, dan saya juga bukan seorang penulis handal yang bisa dengan mudah mengalirkan kata demi kata secara lancar. Dalam hal ini saya memang memaksakan diri, karena motivasi saya adalah untuk belajar dan harus bisa. Kalau kondisi anda sama dengan saya namun anda sulit untuk bisa memaksakan diri, maka opsi untuk punya web atau blog sendiri sebaiknya diurungkan. Sebaiknya anda berfokus pada promosi lewat media lain yang lebih mudah dan simpel.

Berikut beberapa Link untuk membantu anda membuat web sendiri :
Membuat web gratis
Membuat web berbayar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Widgets